Perbedaan Microsd, Microsdhc Dan Microsdxc

 Artikel

Perbedaan microSD MicroSDHC dan MicroSDXC

Ekstensi atau akhiran kata SD, SDHC dan SDXC pada memori microSD hanyalah untuk membedakan besaran kapasitas daya tampung sebuah memori saja.

Saat ini penggunaan data digital semakin besar, jika dahulu kita hanya mengenal istilah memori SD (secure data) maka saat ini telah ada SDHC dan SDXC.

SD card biasanya hanya mampu menampung data hingga 4GB (gigabyte), maka akhirnya SD Association meluncurkan SDHC, yaitu singkatan dari SD High Capacity. Sedangkan SDXC adalah singkatan dari SD Xtended Capacity.

SDHC mampu menampung data dari 4GB hingga 32GB. Namun karena masih dirasa kurang akhirnya dibuatlah SDXC yang mampu menampung data dari 48GB hingga 2TB (terabyte).

Jadi jika kamu mempunyai sebuah perangkat (smartphone, tablet, kamera, dll) yang mampu membaca SDXC maka bisa dipastikan perangkat tersebut juga mendukung SD dan SDHC. Namun jika perangkat kamu hanya mampu membaca SD maka perangkat tersebut belum tentu mampu membaca SDHC dan SDXC.

Sebagai contoh, Biasanya ketika kita membeli sebuah perangkat, seperti misalnya smartphone, dalam paket penjualannya terkadang ada keterangan support memori eksternal MicroSD up to 32GB itu artinya smartphone tersebut dapat menggunakan microSD dan MicroSDHC namun tidak support MicroSDXC. Namun jika tulisannya misalnya support memori eksternal MicroSD up to 256GB berarti perangkat tersebut juga dapat menggunakan MicroSDXC dengan batas maksimal 256GB.

Sedangkan untuk perbedaan microSD Card, SD card, MMC Card, M2 Card, dll, hanya perbedaan bentuk atau ukuran fisiknya saja. Namun sekarang ada juga converter yang bisa merubah bentuk MicroSD ke SD card biasa.

Author: